oleh

OPS Ketupat Anoa 2022, Apel Siaga Bencana

-BAUBAU-43 Dilihat

” Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Penanggulangan Bencana Ops Kepolisian Terpusat Ketupat Anoa – 2022 tingkat Polres Baubau”

Spionnews.com, Baubau | Selasa, 26 /4/ 2022, pukul 09.00 wita telah berlangsung Upacara Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Penanggulangan Bencana Ops Kepolisian Terpusat Ketupat Anoa tahun 2022 di Pelataran Pantai Kamali Kota Babau bertindak sebagai Pimpinan Gelar Walikota Baubau Laode Ahmad Monianse.

Ops Kepolisian Terpusat Ketupat Anoa 2022 diikuti oleh Kapolres Baubau, Dandim 1413 Buton diwakili, Kadis Perhubungan Kota Baubau, Kasat Pol PP Kota Baubau, Ka Basarnas Kota Baubau diwakili, Ka BPBD Kota Baubau diwakili, PJU Polres Baubau, Para peserta upacara dari personil Polres Baubau dan Instansi terkait Kota Baubau.

Dalam Apel tersebut Walikota Baubau Laode Ahmad Monianse mengatakan “Dalam Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Penanggulangan Bencana Ops Kepolisian mewujudkan sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin keselamatan, aman dan sehat masyarakat sebelum, selama dan setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022” terangnya.

Katanya, Perayaan Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan Ibadah, Kumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga dan sahabat.

“Pemerintah telah menetapkan 3 Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri pada 2 dan 3 Mei dan menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April sampai tanggal 6 Mei 2022” ucapnya.

Sebagai Kota yang Berada di Daerah Rawan Bencana, Jelas Walikota, baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non alam dan juga oleh Ulah Manusia, kejadian bencana di Kota Baubau terlihat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Melalui Apel Siaga ini, diharapkan agar semua sektor dan instansi mampu untuk dapat mengidentifikasi, menganalisa dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana sekaligus mengecek kesiapan sarana prasarana yang dimiliki oleh masing-masing instansi” tegasnya.

Belajar dari pengalaman menghadapi berbagai kejadian bencana di wilayah hukum Polres Baubau, seperti Banjir, tanah longsor, angin Puting beliung, kebakaran hutan dan lahan, yang semuanya dibutuhkan penanganan dengan cepat dan tanggap.

“Maka dalam rangka penyelenggaraan penanggulangan bencana ini, diharapkan mampu untuk dapat dilaksanakan secara terencana dan terintegras, sehingga pengelolaan bencana dapat dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh” Jelasnya.

Pihaknya mengingatkan kepada seluruh Kapolsek jajarannya agar memaksimalkan kinerja petugas Bhabinkamtibmas dan berkoodinasi dengan unsur Babinsa TNI yang ada di Kewilayahan untuk bersama – sama mengingatkan badan memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar ikut mencegah agar tidak terjadi bencana.

“Sarana peralatan dalam menanggulangi bencana terhadap masing-masing instasi antara lain Polres Baubau, Dinas PU Kota Baubau, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Baubau, PLN Cabang Baubau, Basarnas Kota Baubau, BPBD Kota Baubau, Dinas Kesehatan Kota Baubau” Tegasnya.

Liputan /Editor : Hariyadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed