oleh

Tim Napak Tilas Oputa Yi Koo ‘Morikana’ SMAN 3 Baubau Tampil Unik

-SOSBUD-370 views

Kenakan Jubah Adat, Yel Yel Oputa Yi Koo Jadi Penyemangat

Spionnews.com | Buton, Kegiatan HUT Sultra ke-58 yang dirangkaikan dengan Napak Tilas Oputa Yi Koo menjadi momen penyemangat bagi kalangan generasi muda khususnya di negeri Buton.

Salah satu yang menarik perhatian publik di momen ini adalah kegiatan Tapak Tilas yang melibatkan ribuan orang mendaki gunung Siotapina, tempat sakral dimana Oputa Yi Koo atau Sultan Himayatuddin menjadikan lokasi gerilya ketika melawan Belanda. Perjalanan yang memakan waktu berhari hari, namun ini menjadi tantangan tersendiri bagi peserta.

Salah satu peserta yang ikut ambil bagian adalah Tim Morikana, utusan SMAN 3 Baubau. Sekolah yang dikenal sebagai Kampus Hijau ini mengutus 5 peserta dan menyatakan siap mengikuti kegiatan tapak tilas menuju puncak Gunung Siotapina.

Selasa pagi (24/5) adalah momen pelepasan tim tapak tilas dari Lapangan Banabungi. Sejak pagi para peserta telah mempersiapkan diri.

Tim SMAN 3 Baubau yang tampil dengan jubah adat menarik perhatian di momen pelepasan. Dengan seragam jubah adat dan kampurui serta mengenakan tongkat.

Pakaian ini kerap terlihat dalam momen momen pelaksanakan ritual adat di masyarakat khususnya di negeri Buton.
Diantara peserta terdapat 1 peserta putri. Pakaian yang dikenakan juga unik yakni dengan kain tradisional Buton dan kerudung kain yang dikenal dengan ‘Salibumbu’. Kemudian mengenakan bedak dingin dari tepung beras yang kerap dipakai kaum perempuan Buton dalam aktivitas keseharian.

Armin Imba, yang merupakan pendamping tim Morikana menyampaikan, pihaknya menyambut baik kegiatan tapak tilas ini. Bahkan ia menilai, kegiatan ini bukan sekedar untuk meramaikan suasana. Namun banyak makna yang akan dipetik oleh peserta khususnya kalangan pelajar. “Ini sangat bermanfaat, anak anak bisa lebih mengenal perjuangan Oputa Yi Koo, betapa luar biasa perjuangannya melawan Penjajah dan melintasi perjalanan jauh demi sebuah harga diri. Kemudian dari kegiatan ini memberi pelajaran kepada generasi muda untuk tidak kenal menyerah, pantang mundur dan senantiasa kokoh dalam pendirian,” katanya di sela sela barisan Tim Tapak Tilas.

Untuk menambah semangat, tim Tapak Tilas Oputa Morikana juga telah membuat sebuah Yel Yel yang berisi tentang perjuangan dan Semangat dari Oputa Yi Koo. “Biar tambah semangat dan bisa menjadi penghilang lelah saat diperjalanan. Kita buat Yel yel untuk Tim,” Tambahnya.

Kegiatan Tapak tilas Oputa Yi Koo dijadwalkan akan berlangsung mulai Selasa 24 Mei 2022. Selanjutnya seluruh tim akan berjalan melintasi rute menuju lereng gunung Siotapina. Esok harinya mulai dilakukan pendakian menuju puncak Gunung Siotapina.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed